E-PROLOGPAL

BNPB

Apa itu E-Prologpal


e-Prologpal (Proposal Logistik dan Peralatan Elektronik) merupakan aplikasi untuk memudahkan BPBD Provinsi/Kab/Kota dalam mengajukan proposal terkait logistik dan peralatan ke Kedeputian Bidang Logistik dan Peralatan.

Diharapkan melalui website e-Prologpal ini proses pengajuan permohonan bantuan logistik dan peralatan dari BPBD ke BNPB akan tersampaikan dengan efektif, efisien, dan diproses dengan akuntabel dan transparan dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Melalui e-Prologpal BPBD dapat langsung melakukan upload dokumen yang diperlukan melalui website untuk selanjutnya di verifikasi melalui sistem di e-Prologpal oleh personil BNPB, adapun jika dokumen yang diajukan kurang lengkap/kurang memenuhi syarat yang dibutuhkan, tim verifikator BNPB dapat memberikan komentar pada file proposal tersebut untuk dapat diperbaiki dan ditindaklanjuti oleh BPBD.

Alur E-Prologpal


  1. Pemda dalam hal ini BPBD meminta hak akses dengan cara register akun melalui aplikasi serta mengunggah/mengupload surat Penanggungjawab Pengelola E-proposal.
  2. Admin e-proposal akan memverifikasi pengajuan akun dan aplikasi akan mengirimkan login akses via email ke BPBD jika sudah sesuai persyaratan pendaftaran.
  3. Pemda dalam hal ini BPBD membuat proposal sesuai dengan persyaratan, dan memindai (scan) beberapa persyaratan yang ada dalam proposal.
  4. Masuk (login) kedalam aplikasi e-proposal Logistik dan Peralatan dengan menggunakan user id dan password yang sudah didapat, kemudian melakukan input data serta mengunggah (upload) data yang sudah dipindai (scan).
  5. Proses pengusulan dalam sistem aplikasi terbagi menjadi 2 (dua) tahapan yaitu verifikasi secara sistem (Jika setiap tahapan sudah dilengkapi) dan verifikasi secara manual oleh admin BNPB untuk mengecek kesesuaian dokumen yang dilengkapi dengan yang dipersyaratkan.
    1. Berkas belum lengkap dan tidak sesuai dengan persyaratan, maka BPBD (user) akan mendapatkan notifikasi di akun terkait kekurangan yang harus dilengkapi.
    2. Berkas sudah lengkap dan lolos validasi, maka BPBD (user) dapat mencetak Bukti Registrasi Penyampaian E-Proposal, yang didalamnya terdapat nomor registrasi.
  6. Berkas proposal (dokumen asli) ditembuskan ke Provinsi.
    Surat Pernyataan Upload Dokumen e-Prologpal dilengkapi dan ditandatangani, lalu dikirimkan ke BNPB melalui email [email protected].

Persyaratan Proposal

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh BPBD dalam pengajuan proposal dapat di unduh di sini. Persyaratan Proposal

Produk Hukum Logpal

Perka No. 04 Th 2009

Pedoman Bantuan Logistik

Perka No. 05 Th 2009

Pedoman Bantuan Peralatan

Perka No. 10 Th 2011

Pedoman Inventarisasi Logistik

Perka No. 11 Th 2011

Pedoman Inventarisasi Peralatan PB

Perka No. 24 Th 2014

Perubahan atas Perka No 4 Th 2009

Perka No. 26 Th 2014

Pemanfaatan Bantuan Logistik PB

Panduan


Registrasi BPBD Provinsi
Registrasi BPBD Kabupaten Kota
Tutorial BPBD Provinsi
Tutorial BPBD Kabupaten Kota
Tutorial Perbaikan dan Verifikasi Proposal

Hubungi Kami

Graha BNPB - Jl. Pramuka Kav.38 Jakarta Timur 13120 Telp.021-29827793 Fax.021-21281200

Location:

Graha BNPB
Jl. Pramuka Kav.38 Jakarta Timur

Call:

021-29827793

BNPB

Twitter

BNPB

Instagram